Cerita Air Mata Putri Tislet, Dongeng Anak Maroko

 air mata putri Tislet berasal dari negara Maroko Cerita Air Mata Putri Tislet, Dongeng Anak Maroko
Dongeng anak air mata putri Tislet berasal dari negara Maroko. Alkisah, kepala suku Ait Haddidou mempunyai seorang putri berjulukan Putri Tislet. Atas nasehat seorang peramal, Putri Tislet diharuskan tinggal di atas bukit, terpisah dari kedua orang tuanya. Menurut peramal, Putri Tislet kelak dikala sudah dewasa, akan menikah dengan anak dari suku musuh Ait Haddidou. Oleh karenanya Ia harus diasingkan.
Di atas bukit, Putri Tislet tidak tinggal sendirian. Ia ditemani oleh seorang pengasuh. Setiap satu ahad sekali, kedua orang tuanya akan tiba mengunjunginya. Meski demikian, Putri Tislet tidak pernah bertanya kepada ayah ibunya, mengapa Ia harus tinggal terpisah.

Sehari-hari, Putri Tislet selalu bermain dengan burung-burung di atas bukit. Ada satu burung yg menjadi kesaygan Putri Tislet, yakni burung merpati. Kemanapun burung merpati pergi, ia akan selalu kembali ke tempat tinggal Putri Tislet.

Di suatu hari, burung merpati tersebut belum kembali ke tempat Putri. Hal ini mem.buat Putri merasa cemas. Ia khawatir terjadi sesuatu pada burung kesaygannya itu. Semacukup laman Ia tidak bis,a tidur mengkhawatirkan burung merpati.

Keesokan harinya, tiba seorang anak pria mengantarkan burung merpati kepada putri. Anak pria itu berjulukan Isli. Ia menyampaikan burung merpati itu setips tidak sengaja terkena ketapelnya. “Maafkan Aku. Burung merpati ini terkena ketapelku. Karena burung merpati ini tidak bis,a terbang, jadi Aku mengantarnya kemari. Burung merpati milikmu sangat pintar. Ia bisa menunjukkan jalan kemari.”

Awalnya Putri Tislet sangat murka burung kesaygannya terluka terkena ketapel sampai tak bis,a terbang. Tapi pengasuhnya menenangkan putri dengan menyampaikan anak pria tersebut tidak sengaja. Sejak dikala itu Isli & Putri berteman baik. Mereka sering bermain bersama.

Seperti biasa, tiap satu ahad satu kali kedua orang bau tanah putri mengunjungi putrinya di atas bukit. Saat bertemu Isli, mereka bertanya mengenai keluarga Isli. Betapa terkejutnya kedua orang dua putri ketika mengetahui bahwa Isli ternyata merupakan anak dari kepala suku musuh suku Ait Haddidou.

Ayah putri murka bukan kepalang. Ia memerintahkan Putri pulang ke desa semoga jauh dari Isli. Putri Tislet menolak. Ia pun menangis sejadi-jadinya sampai air matanya membasahi tanah. Akibatnya tanah menjelma lumpur. Perlahan-lahan badan putri masuk ke dalam lumpur. Melihat hal itu, Isli tidak tinggal diam. Ia berbisnis menolong Putri Tislet tapi tidak berhasil. Tubuh Isli justru terbawa masuk ke dalam lumpur bersama putri. Dalam sekejap air mata Putri Tislet menggenangi kawasan tersebut. Akhirnya tempat tersebut menjelma sebuah danau.

Referensi:
  1. Damayanti, Astri, 2014, Dongeng Klasik 5 Benua, Jakarta: Penerbit Bestari Buana Murni.
Jika anda menyukai kisah anak ini, silahkan bagikan melalui e-mail, media umum atau melalui situs web lainnya. Jangan lupa untuk menyertakan link balik ke caritasato.blogspot.com. Silahkan baca juga dongeng anak lainnya:

  1. Asal Mula Kelompen, kisah anak Belanda
  2. Putri Tidur, kisah anak Prancis
  3. Rusa Bermata Biru, kisah anak Amerika
  4. Putri Duyung Sirena, kisah anak Guam
  5. Menimbang Gajah, kisah anak Tiongkok
  6. Asal Mula Rodeo, kisah anak Amerika
  7. Raja Bertanduk, kisah anak Filipina
  8. Pemburu dan Burung Snipe, kisah anak Norwegia
  9. Air Mata Putri Tislet, kisah anak Maroko
  10. Pemburu dan Gorila, kisah anak Kongo
  11. Kisah Momotaro, kisah anak Jepang
  12. Asal Mula Danau Narran, kisah anak Australia
  13. Kisah Alibaba, kisah anak Iran
  14. Asal Mula Pohon Kelapa, kisah anak Chamorro
  15. Pohon Kacang Ajaib, kisah anak Inggris
  16. Murid-Murid Guru Gampar, kisah anak Malaysia
  17. Khek Dan Keledai, kisah anak Kamboja
  18. Ikan Untuk Raja, kisah anak Irak
  19. Asal Mula Singapura, kisah anak Singapura
  20. Penyebab Air Laut Asin, kisah anak Korea
  21. Guru Goso, kisah anak Tanzania
  22. Beruang Menari, kisah anak Jerman
  23. Urashima Taro, kisah anak Jepang
  24. Matahari dan Angin, kisah anak Amerika
  25. Berebut Kue, kisah anak Nigeria
  26. Tigran dan Ikan Kecil, kisah anak Armenia
  27. Si Kepala Tebal, kisah anak Kanada
  28. Pelikan Desa Kabrau, kisah anak Afrika Tengah

Subscribe to receive free email updates: