Cerita Kisah Alibaba, Dongeng Anak Iran

 Alibaba ialah seorang cowok baik hati dan rajin bekerja Cerita Kisah Alibaba, Dongeng Anak Iran
Alibaba ialah seorang cowok baik hati dan rajin bekerja. Sehari-hari, ia bekerja mencari kayu bakar di hutan untuk dijualnya di pasar. Ia mempunyai abang pria berjulukan Kasim. Berbeda dengan adiknya, Kasim mempunyai perangai jelek dan pemalas.
Suatu hari, dikala mencari kayu di hutan, Alibaba tersesat bersahabat sebuah tebing tinggi. Karena tidak tahu jalan pulang, Ia tetapkan beristirahat sejenak. Tidak cukup usang kemudian muncul serombongan penyamun memakai kuda. Para penyamun tersebut berhenti di depan sebuah watu besar.

Para penyamun kemudian turun dari kuda mereka. Salah seorang dari penyamun mengucapkan semacam mantra-mantra. Keanehan terjadi, watu besar di hadapan para penyamun bergeser. Ternyata di balik watu besar tersebut terdapat sebuah gua. Batu tersebut ialah sebuah pintu gua. Alibaba menyadari bahwa watu besar hanya bis,a dibuka memakai mantra khusus. Para penyamun membawa masuk harta rampasan mereka ke dalam gua. Sesudah selesai mereka pun pergi meninggalkan gua.

Sesudah para penyamun pergi, Alibaba segera keluar dari persembunyiannya. Ia lantas menirukan ucapan mantra penyamun tadi. Ajaib, watu besar epilog gua terbuka. Ia segera masuk ke dalam gua. Di dalam gua ternyata terdapat berbagai harta rampasan para penyamun berupa emas, intan, & permata. Ia mengambil beberapa suplemen secukupnya kemudian segera pergi meninggalkan gua. Tak lupa Ia mengucapkan mantra-mantra untuk menutup kembali pintu gua.

Sejak dikala itu Alibaba menjelma seorang kaya raya. Ia memakai suplemen yg dibawanya sebagai modal berdagang. Penduduk desa tidak ada yg tahu darimana Alibaba mendapat kekayaannya.

Kasim merasa heran darimana adiknya mendapat semua kekayaannya. Ia kemudian membujuk adiknya untuk memberi tahu darimana perhiasan-perhiasan yg Ia dapatkan. Awalnya Alibaba menolak untuk memberi tahu, namun balasannya Ia memberi tahu sehabis Kasim sang abang memaksanya.

Sesudah mengetahui diam-diam kekayaan Alibaba, Kasim segera pergi ke gua sarang penyamun. Mantra-mantra yg diajarkan Alibaba Ia ucapkan di depan pintu gua. Dengan bangga Kasim memasuki gua berisi suplemen emas permata. Segera Kasim mengumpulkan suplemen emas permata sebanyak yg Ia bisa bawa. Tapi sayg, Kasim lupa dengan mantra pembuka pintu gua. Akibatnya Kasim terkurung di dalam gua.

Tidak cukup usang kemudian pintu gua tiba-tiba terbuka dengan sendirinya. Kasim bersorak gembira. Saat hendak keluar, Kasim terkejut. Karena ternyata para penyamunlah yg membuka pintu gua. Para penyamun murka melihat Kasim berbisnis mencuri harta rampasan milik mereka. Mereka lantas menyebabkan Kasim sebagai budak. Kasim menangis sebab keserakahannya Ia sekarang harus menjadi budak para penyamun. Demikian dongeng anak kisah Alibaba dari negara Iran.

Referensi:
  1. Damayanti, Astri, 2014, Dongeng Klasik 5 Benua, Jakarta: Penerbit Bestari Buana Murni.
Jika anda menyukai kisah anak ini, silahkan bagikan melalui e-mail, media umum atau melalui situs web lainnya. Jangan lupa untuk menyertakan link balik ke caritasato.blogspot.com. Silahkan baca juga dongeng anak lainnya:

  1. Asal Mula Kelompen, kisah anak Belanda
  2. Putri Tidur, kisah anak Prancis
  3. Rusa Bermata Biru, kisah anak Amerika
  4. Putri Duyung Sirena, kisah anak Guam
  5. Menimbang Gajah, kisah anak Tiongkok
  6. Asal Mula Rodeo, kisah anak Amerika
  7. Raja Bertanduk, kisah anak Filipina
  8. Pemburu dan Burung Snipe, kisah anak Norwegia
  9. Air Mata Putri Tislet, kisah anak Maroko
  10. Pemburu dan Gorila, kisah anak Kongo
  11. Kisah Momotaro, kisah anak Jepang
  12. Asal Mula Danau Narran, kisah anak Australia
  13. Kisah Alibaba, kisah anak Iran
  14. Asal Mula Pohon Kelapa, kisah anak Chamorro
  15. Pohon Kacang Ajaib, kisah anak Inggris
  16. Murid-Murid Guru Gampar, kisah anak Malaysia
  17. Khek Dan Keledai, kisah anak Kamboja
  18. Ikan Untuk Raja, kisah anak Irak
  19. Asal Mula Singapura, kisah anak Singapura
  20. Penyebab Air Laut Asin, kisah anak Korea
  21. Guru Goso, kisah anak Tanzania
  22. Beruang Menari, kisah anak Jerman
  23. Urashima Taro, kisah anak Jepang
  24. Matahari dan Angin, kisah anak Amerika
  25. Berebut Kue, kisah anak Nigeria
  26. Tigran dan Ikan Kecil, kisah anak Armenia
  27. Si Kepala Tebal, kisah anak Kanada
  28. Pelikan Desa Kabrau, kisah anak Afrika Tengah

Subscribe to receive free email updates: