Macam Macam Dongeng Rakyat

Macam Macam Cerita Rakyat - Membahas mengenai dongeng rakyat tentu kita semua sudah pernah mendengar banyak sekali macam dongeng rakyat nusantara yg sangat terkenal lantaran memang ada banyak sekali dongeng rakyat yg sudah di ceritakan selama bertahun tahun secara turun temurun, dari mulai dongeng legenda perihal sebuah daerah atau wilayah maupun dongeng perihal kepahlawanan seseorang pada zaman dahulu, dan banyaknya dongeng rakyat ini memang sangat masuk akal lantaran dongeng rakyat terdiri dari bermacam macam cerita.

Banyak yg sudah pernah mendengar dongeng rakyat, namun tidak jarang yg belum tau bahwa ternyata dongeng rakyat mempunyai beberapa macam sehingga dari dongeng satu dengan dongeng lainnya mempunyai perbedaan jenis dongeng rakyat.

Pembahasan mengenai macam macam dongeng rakyat ini mungkin saja tidak terlalu penting lantaran yg terpenting dari sebuah dongeng rakyat yaitu kejadian atau alur dari dongeng tersebut sehingga ada pesan yang tersirat yg sanggup di ambil, namun ada juga yg ingin mengetahui apa saja macam macam dongeng rakyat tersebut.

Bagi anda yg sedang mencari tau perihal apa saja macam macam dongeng rakyat, berikut ini akan aku jelaskan secara singkat apa saja jenis atau macam macam dongeng rakyat, dan klarifikasi ini aku ambil dari beberapa.

 Membahas mengenai dongeng rakyat tentu kita semua sudah pernah mendengar banyak sekali macam ce Macam Macam Cerita Rakyat

Macam Macam Cerita Rakyat


1. Mitos

Mitos atau mite (myth) yaitu sebuah dongeng prosa rakyat dimana yg menjadi tokoh dalam dongeng tersebut yaitu para yang kuasa atau makhluk setengah yang kuasa yg terjadi di dunia lain pada masa lampau, dan biasanya dongeng mitos ini sering dianggap pernah benar-benar terjadi oleh yg empunya dongeng atau penganutnya. Pada umumnya mitos menceritakan perihal terjadinya alam semesta, dunia, bentuk khas binatang, bentuk topografi, petualangan para dewa, kisah percintaan mereka dan sbgnya. Mitos tidak hanya ada di Indonesia lantaran ada banyak negara yg juga mempunyai dongeng mitos.

Mitos yg berasal dari luar negeri pada umumnya telah mengalami perubahan. dan pengolahan lebih lanjut, sehingga tidak terasa asing lagi yg disebabkan oleh proses penyesuaian lantaran perubahan. zaman. Menurut Moens-Zoeb, orang jawa bukan saja telah mengambil mitos-mitos dari India, melainkan juga telah mengadopsi dewa-dewa Hindu sbg yang kuasa Jawa. Bahkan orang Jawa pun percaya bahwa mitos-mitos tersebut terjadi di Jawa. Di Jawa Timur misalnya, Gunung Semeru dianggap oleh orang Hindu Jawa dan Bali sbg gunung suci Mahameru atau sedikitnya sbg Puncak Mahameru yg dipindahkan dari India ke Pulau Jawa.

2. Legenda

Legenda yaitu dongeng prosa rakyat yg dianggap oleh yg enpunya dongeng sbg sesuatu yg benar-benar terjadi. Oleh lantaran itu, legenda sering kali dianggap sbg "sejarah" kolektif (folk history). Walaupun demikian, lantaran tidak tertulis, maka kisah tersebut telah mengalami distorsi sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya. Oleh lantaran itu, jikalau legenda hendak dipergunakan sbg bahan. untuk merekonstruksi sejarah, maka legenda harus dibersihkan terlebih dahulu bagian-bagiannya dari yg mengandung sifat-sifat folklor. Menurut Pudentia, legenda yaitu dongeng yg dipercaya oleh beberapa penduduk setempat benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci atau sakral yg juga membedakannya dengan mite.

Dalam KBBI 2005, legenda yaitu dongeng rakyat pada zaman dahulu yg ada hubungannya dengan kejadian sejarah. Menurut Emeis, legenda yaitu dongeng kuno yg setengah menurut sejarah dan yg setengah lagi menurut angan-angan. Menurut William R. Bascom, legenda yaitu dongeng yg mempunyai ciri-ciri yg seakan-akan dengan mite, yaitu dianggap benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci. Menurut Hooykaas, legenda yaitu dongeng perihal hal-hal yg menurut sejarah yg mengandung sesuatu hal yg absurd atau kejadian yg mengambarkan kesaktian.

3. Dongeng

Dongeng merupakan suatu kisah yg diangkat dari anutan fiktif dan kisah nyata, menjadi suatu alur perjalanan hidup dengan pesan moral yg mengandung makna hidup dan cara berinteraksi dengan makhluk lainnya. Dongeng juga merupakan dunia hayalan dan imajinasi dari anutan seseorang yg kemudian diceritakan secara bebuyutan dari generasi ke generasi. Terkadang kisah dongeng sanggup membawa pendengarnya terhanyut ke dalam dunia fantasi, tergantung cara penyampaian dongeng tersebut dan pesan moral yg disampaikan.

Kisah dongeng yg sering diangkat menjadi saduran dari kebanyakan sastrawan dan penerbit, kemudian dimodifikasi menjadi dongeng modern. Salah satu dongeng yg hingga ketika ini masih diminati belum dewasa ialah kisah 1001 malam. Sekarang kisah orisinil dari dongeng tersebut hanya diambil sebagian-sebagian, kemudian dimodifikasi dan ditambah, bahkan ada yg diganti sehingga melenceng jauh dari kisah dongeng aslinya, kisah aslinya seakan telah ditelan zaman.
Sumber :https://steroid-buy-9.blogspot.com//search?q=jenis-jenis-cerita-rakyat
Untuk mengetahui beberapa pola dongeng rakyat silahkan klik link di bawah ini
Cerita rakyat nusantara
Itu lah 3 macam dongeng rakyat yg mungkin perlu anda ketahui, dan dari klarifikasi di atas tentunya anda sudah mengetahui dan faham perihal apa saja macam macam dongeng rakyat.

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel Macam Macam Cerita Rakyat di blog ceritadandongengrakyat.blogspot.co.id

Subscribe to receive free email updates: