Cerita Asal Ajakan Nyi Roro Kidul (Putri Kandita)

 Nyi Roro Kidul atau biasa dikenal juga dengan nama Ratu Laut Pantai Selatan Cerita Asal Usul Nyi Roro Kidul (Putri Kandita)
Nyi Roro Kidul atau biasa dikenal juga dengan nama Ratu Laut Pantai Selatan, pada awalnya yaitu seorang putri dari kerajaan Psayaan Pajajaran. Beliau yaitu Putri Kandita, seorang putri dari raja psayaan Pajajaran yg bernama. Bagaimana ceritanya seorang putri kerajaan Psayaan Pajajaran bis,a menjadi Ratu Laut Pantai Selatan? Berikut ini kisahnya:

Alkisah, dahulu kala bangkit sebuah kerajaan berjulukan kerajaan Psayaan Pajajaran yg terletak di kawasan Psayaan atau kota Bogor sekarang. Kerajaan Psayaan Pajajaran dipimpin oleh Sri Baduga Maharaja atau dikenal juga dengan nama Prabu Siliwangi. Permaisuri Prabu Siliwangi yaitu seorang wanita sangat cantik. Disamping permaisuri, Prabu Siliwangi juga mempunyai beberapa selir yg cantik.

Dari sang permaisuri, Prabu Siliwangi dikaruniai seorang putri yg lebih manis dari ibunya. Putri Kandita namanya. Ketika tumbuh dewasa, Putri Kandita menandakan sifat dewasa, cerdik dan bijaksana menyerupai sang ayah. Kaprikornus tidak heran kalau putri Kandita menjadi putri kesaygan Prabu Siliwangi. 

Atas pertimbangan sifat-sifat baik Putri Kandita, Prabu Siliwangi bermaksud menjadikannya sebagai pengganti dirinya kelak. Rencana sang raja mem.buat para selir dan bawah umur dia dari selir-selir tersebut merasa cemburu. Oleh sebab itu, mereka pun bersekongkol untuk mengusir Putri Kandita dan permaisuri dari istana Psayaan.

Hingga balasannya pada suatu hari, selir-selir Prabu Siliwangi dan putra-putri mereka mengadakan pertemuan diam-diam untuk menyingkirkan Putri Kandita. Sesudah mengadakan pembitipsan, balasannya mereka setuju akan mengupah seorang dukun ilmu hitam untuk menyihir Putri Kandita dan ibunya. Mereka kemudian menyuruh seorang dayg istana untuk menemui dukun ilmu hitam di sebuah gubug di tengah hutan, cukup jauh dari istana Psayaan. 

Si dayg segera pergi menuju rumah si dukun ilmu hitam. Sesudah menjelaskan maksud kedatangannya, si dayg kemudian menyerahkan sejumlah keping uang logam emas kepada sang dukun. Tanpa berpikir panjang, sang dukun pun eksklusif menyggupi undangan jahat para selir tersebut.

Sesudah si dayg kembali ke istana Psayaan, sang dukun segera melakukan tugasnya. Dengan ilmu hitam yg ia miliki, si dukun menyihir Putri Kandita dan ibunya dengan penyakit kusta sehingga sekujur badan mereka yg semula mulus dan bersih, timbul luka borok dan mengeluarkan bacin tidak sedap.

Sakit kusta yg menimpa Putri Kandita dan ibu permaisuri mem.buat gempar istana. Prabu Siliwangi memerintahkan para tabib untuk menyembuhkan mereka berdua. Namun tidak ada satupun tabib yg bisa mengobati mereka. Sakit borok-borok tersebut mem.buat badan ibu permaisuri menjadi lemah, sampai balasannya sang permaisuri menghembuskan nafas terakhir. Kejadian ini mem.buat Putri Kandita dan Prabu Siliwangi menjadi sangat sedih.

Putri Kandita Diusir dari Istana

Keadaan menyerupai ini tidak disia-siakan oleh para selir dan putra-putri mereka. Mereka bersepakat untuk menghasut Prabu Siliwangi biar segera mengusir Putri Kandita dari istana dengan alasan sakit Putri Kandita akan membawa imbas jelek pada istana Psayaan.

Tentu saja Prabu Siliwangi tidak bis,a mendapatkan saran itu sebab begitu saygnya kepada Putri Kandita. Namun sebab para selir terus mendesaknya, maka dengan berat hati sang raja terpaksa mengusir Putri Kandita dari istana. Prabu Siliwangi kemudian memanggil Putri Kandita dan memintanya biar meninggalkan istana Psayaan Pajajaran biar kerajaan Psayaan terhindar dari malapetaka.

Putri Kandita mendapatkan keputusan Prabu Siliwangi. Dengan hati hancur, Putri Kandita pun meninggalkan istana Psayaan. Ia berjalan menuruti ke mana kakinya melangkah tanpa arah dan tujuan yg pasti. Sesudah berhari-hari berjalan, Putri Kandita tiba di pantai selatan. Putri Prabu Siliwingi yg malang itu galau harus berjalan ke mana lagi. Di hadapannya terbentang samudera yg luas dan dalam. Tidak mungkin pula ia kembali ke istana. Karena merasa lelah, balasannya Putri Kandita tertidur lelap.

Di dalam tidurnya, Putri Kandita mendengar sebuah bisikan mistik yg menyampaikan bahwa ia harus menceburkan dirinya ke lautan lepas biar sakitnya sembuh. Meyakini bunyi itu sebagai sebuah wangsit, Putri Kandita pun menceburkan diri ke laut. Ajaib, setelah menceburkan dirinya ke laut, seluruh tubuhnya yg dihinggapi penyakit kusta berangsur-angsur hilang sampai balasannya kembali menjadi halus dan higienis menyerupai sediakala. Tidak hanya itu, putri kesaygan Prabu Siliwingi itu juga menjadi putri yg sakti mandraguna.

Nyi Roro Kidul

Meski penyakit kulitnya sudah sembuh ditambah ia mempunyai kesaktian, Putri Kandita enggan untuk kembali ke istana Psayaan Pajajaran. Ia lebih menentukan untuk menetap di pantai sebelah selatan wilayah Psayaan Pajajaran itu. Sejak ketika itu, Putri Kandita dikenal luas ke banyak sekali kerajaan yg ada di Pulau Jawa sebagai putri yg manis dan sakti mandraguna dengan nama Ratu Laut Pantai Selatan atau Nyi Roro Kidul.

Tertarik oleh kecantikan Putri Kandita, para pangeran dari banyak sekali kerajaan berdatangan untuk mecukup lamarnya. Putri Kandita bersedia mendapatkan cukup lamaran mereka asalkan mereka mampu mengalahkan kesaktiannya, termasuk bertempur di atas gelombang bahari yg ada di selatan Pulau Jawa. Namun, kalau para pangeran itu kalah, maka mereka harus menjadi pengikut Nyi Roro Kidul. Dan memang, tidak ada satupun para pangeran yg berhasil menandingi kesaktian Putri Kandita sampai balasannya banyak dari mereka yg kini menjadi pengikut Putri Kandita. Demikianlah cerita rakyat Jawa Barat mengenai asal usul Nyi Roro Kidul.

Referensi:
  1. Agni, Danu. 2013. Cerita Anak Seribu Pulau.Yogyakarta: Buku Pintar.
  2. Komandoko, Gamal. 2013. Koleksi Terbaik 100 plus Dongeng Rakyat Nusantara, PT.Buku Seru.
Jika anda menyukai kisah rakyat ini, silahkan bagikan melalui e-mail, media umum atau melalui situs web lainnya. Jangan lupa untuk menyertakan link balik ke caritasato.blogspot.com. Silahkan baca juga cerita rakyat Jawa Barat lainnya:

    Subscribe to receive free email updates: